MEDUSA : Uraian lengkap mengenai kisah monster yang mengubah orang menjadi batu (3)

15/11/12

Kisah sebelumnya: Dengan bantuan Athena, Perseus berhasil memotong kepala Medusa dan membawanya pulang menuju Yunani.
III. Perseus menyelamatkan Andromeda
Dalam perjalanan pulang, Perseus melihat pemandangan menakjubkan. seorang raksasa tinggi besar sedang menopang langit di bahunya. Raksasa itu adalah Atlas, Titan yang dihukum Zeus karena telah bertempur melawan para dewa.
Perseus turun sejenak untuk bertemu dengan makhluk paling kuat di dunia itu. Namun, Atlas mencurigai Perseus akan mencuri apel emas di Taman para Hesperida, yang terletak tak jauh dari tempat itu.
Demikianlah, Atlas mengusir Perseus dan tidak mempercayai perkataan Perseus bahwa ia sedang membawa kepala Medusa. Untuk membuktikannya, putra Zeus itu mengeluarkan kepala Medusa dari kantong ajaibnya, dan... pandangan mengerikan Medusa mengubah Atlas menjadi batu selamanya! Tubuhnya menjadi gunung yang menjulang, rambut dan jenggotnya menjadi hutan dan kepalanya menjadi puncak tertinggi gunung itu. Sampai sekarang, gunung itu tetap dinamai Atlas, berdasarkan nama raksasa itu.
Perseus sangat kaget, ternyata kepala yang tak bernyawa itu memiliki kekuatan yang mengerikan. Dengan sedih, ia memasukkan kepala itu ke dalam kantong kembali dan meneruskan kembali perjalanannya.
Sesampainya di pantai Ethiopia, Perseus dari angkasa melihat sesosok tubuh yang dirantai di batu karang sedang menangis sedih. Perseus turun untuk  mengetahui apa yang terjadi. Ia ternyata adalah seorang gadis muda jelita bernama Andromeda, putri Kepheus, raja Aethiopia. Ibunya, Kassiepeia telah menyombongkan diri kepada semua orang bahwa wajahnya lebih cantik dari peri-peri lautan, Nereida putri-putri Nereus. Peri-peri cantik itu sangat tersinggung dan mengadu kepada Poseidon, dewa laut sang pengguncang Bumi.
Poseidon murka mendengarnya dan menghukum rakyat Aethiopia dengan melepaskan monster laut, Ketos, yang menghancurkan apa saja di negeri itu. Dan menurut orakel (orakel Ammon), mereka harus mengorbankan putri tercinta mereka, Andromeda, kepada Ketos untuk meredakan amarah Poseidon.
Sang raja walaupun berat, harus menuruti apa kata orakel dan kehendak rakyatnya. Maka, Andromeda dirantai di batu karang di pantai dan menanti monster itu datang mencabik-cabiknya.

Perseus iba mendengar kisah itu sekaligus jatuh cinta kepada Andromeda dan berjanji untuk menolongnya. Tak lama kemudian, laut menggelegak, monster yang berbentuk naga laut itu muncul dari buih-buih ombak dan menuju ke arah Andromeda dirantai. Gadis itu memekik ketakutan.
Sementara Perseus segera mengenakan helm Hades dan terbang ke arah Ketos. Ia menusukkan pedang pemberian Hermes ke leher Ketos, tapi kulit monster itu begitu tebal dan hanya melukai tanpa membunuhnya. Ketos menggeliat dan mencari penyerangnya, tapi tak terlihat apa-apa di langit.
Perseus melakukan serangan kedua, menukik dengan menghujamkan dalam-dalam pedangnya ke kepala Ketos. Kali ini makhluk itu menggeliat liar dan kemudian terguling dengan perut di atas permukaan laut. Monster itu mati mengapung dan tak bergerak lagi.
Perseus turun dan mendarat di tubuh Ketus yang tak bernyawa lagi sambil melepas helm Hades. Andromeda dan kedua orangtuanya yang menyaksikan kejadian itu menangis bahagia. Perseus lalu terbang ke arah Andromeda, membukakan rantainya dan menggendongnya dengan lembut dalam pelukan menuju pantai. Sang raja dan ratu Aethiopia, mencium serta memeluk Andromeda tanpa henti. Mereka bersumpah demi Aphrodite untuk menikahkan Andromeda dengan Perseus.
Keesokan harinya, pesta pernikahan Perseus dengan Andromeda diselenggarakan dengan meriah di balai agung istana. tiba-tiba di keramaian pesta, saudara sang raja, Phineus masuk bersama pasukannya. Ia menuntut janji kedua orangtua Andromeda untuk menikahkannya dengan anak mereka.
Masing-masing pihak bersikeras dan pertempuran tak terelakkan, Perseus yang dibantu pemuda-pemuda Aethiopia berhadapan dengan Phineus dan prajurit-prajuritnya. Tetapi karena begitu banyaknya pasukan yang dibawa Phineus, Perseus mulai terdesak. Athena yang cemas datang untuk membantu dengan melindungi putra Zeus itu dengan perisainya.
Di saat ia benar-benar terpojok, Perseus teringat kepala Medusa yang dibawanya. Ia menarik kepala Medusa dari kantongnya dan menghadapkannya kepada musuh. Seketika Phineus dan bala tentaranya berubah menjadi batu!
Akhirnya upacara pernikahan dilanjutkan, namun Perseus tidak bisa berlama-lama tinggal di istana Kepheus, karena ia harus kembali ke Seriphos. Dengan berurai air mata, Andromeda mengucapkan selamat tinggal kepada kedua orangtuanya dan mengikuti suaminya menuju Yunani.

0 komentar:

Posting Komentar